5 Pelatih Sepak Bola dengan Trofi Terbanyak di Dunia

222 views 6:09 am 0 Comments November 15, 2023

Berorientasi pada kemenangan tim, kemampuan pelatih sepak bola bisa Anda lihat dari jumlah perolehan trofi selama periode kerjanya. Performa tim ketika bertanding di lapangan hijau pun turut dipengaruhi oleh kinerja pelatihnya.

Itulah mengapa, pelatih yang bisa mempersembahkan trofi untuk tim asuhannya akan semakin dihargai oleh para penggemar bola. Seperti nama-nama pelatih berikut ini yang menjadi pemegang rekor sebagai pelatih dengan trofi terbanyak di dunia.

Ini 5 Pelatih Sepak Bola Peraih Trofi Terbanyak di Dunia

Tanda pengakuan waktu, tenaga, dan keringat ketika berlatih, memperoleh trofi serta menjadi juara adalah pencapaian terbaik pelatih tim bola. Di bawah ini 5 pelatih yang berhasil mencapai tujuan tersebut:

  • Josep Guardiola

    Pelatih pertama adalah Josep Guardiola, yang diakui jadi salah satu pelatih tim bola terbaik saat ini. Bagaimana tidak, terdapat 35 gelar yang telah Guardiola koleksi selama bekerja sebagai pelatih.

    Musim lalu, Guardiola sukses membimbing Manchester City memperoleh treble winners, yakni FA Cup, Premier League, serta Liga Champions. Di periode kerjanya ketika melatih Barcelona maupun Bayern Munchen yang lalu, Guardiola juga sukses membuat tim tersebut mendapat gelar.

  • Sir Alex Ferguson

    Berikutnya, ada Sir Alex Ferguson yang jadi sosok penyokong Manchester United sehingga sukses di dunia sepak bola. Ferguson meraih 31 trofi selama melatih MU, dengan perolehan Premier League sebanyak 13 kali.

    Selain itu, Sir Alex Ferguson pun pernah memboyong MU ke Eropa, dengan hasil memuaskan sebab MU dapat 2 trofi untuk Liga Champions, serta 1 Pila Winners.

  • Mircea Lucescu

    Telah melatih tim bola dari tahun 1979, Lucescu memperoleh 29 trofi hingga kini. Mulai dari melatih berbagai klub lokal hingga tim nasional, pelatih asal Rumania tersebut menunjukkan kemampuannya dalam membuat tim tetap fokus pada pertandingan.

    Untuk periode melatih yang terbaik adalah ketika Lucescu menangani tim Shakhtar Donetsk. Tim tersebut berhasil memperoleh 22 gelar berkat Lucescu.
    Sedangkan di masa kini, Lucescu melatih untuk Dynamo Kyiv dan telah membimbing klub bola dari Ukraina tersebut menang 3 gelar.

  • Jose Mourinho

    Mengawali prestasinya ketika melatih Porto, klub bola asal Portugal, Jose Mourinho membimbing Porto sehingga sukses menjuarai Liga Champions dan Liga Eropa.

    Setelah itu, Mourinho pun melatih beberapa klub bola Eropa dan berhasil meraih cukup banyak gelar juga. Mulai dari Inter Milan, Chelsea, lalu Real Madrid, kemudian Manchester United, sampai dengan AS Roma.

    Total trofi yang Mourinho menangkan mencapai 26 trofi, yang mana trofi terbaru adalah pada UEFA Europa Conference League.

  • Carlo Ancelotti

    Satu lagi pelatih bola dengan perolehan trofi terbanyak, yaitu Carlo Ancelotti yang hingga kini sudah melatih 10 klub bola. Ancelotti mulai melatih sejak 1995, dan sepanjang karirnya telah meraih 25 trofi. Ancelotti sukses dengan Chelsea PSG, lalu AC Milan, hingga klub Real Madrid.

    Gelar yang diperoleh di antara trofi tersebut ada dari Premier League, La Liga, Serie A, lalu Bundesliga, sampai dengan Liga Champions. Untuk Liga Champions sendiri, Ancelotti menjuarai hingga 4 kali. Itulah mengapa, Ancelotti pun termasuk pelatih dengan kinerja terbaik di dunia.

Lima pelatih sepak bola tersebut menjadi urutan teratas dengan perolehan trofi paling banyak. Kemampuan membawa klub bola yang dilatihnya menjadi juara pun juga menandakan tarif pelatih yang tinggi namun terbayarkan dengan prestasi klub bola pada akhirnya.