8 Makanan Khas Jakarta yang Wajib Dicoba

419 views 3:38 am 0 Comments August 24, 2023

Jakarta memang terkenal dengan kekayaan warisan budaya yang dimiliki, terutama dalam bidang kuliner. Deretan makanan khas Jakarta, tentu saja menawarkan beragam rasa sehingga mampu menggoda selera penduduk setempat maupun para pendatang.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa kuliner khas Jakarta yang wajib dicoba. Ya, paling tidak sekali dalam seumur hidup kamu pernah merasakan kenikmatan yang dimiliki oleh setiap makanan khas tersebut.

Makanan Khas Jakarta

Jadi ketika kamu berkunjung ke wilayah Jakarta dan sekitarnya, jangan lupa untuk menjajal wisata kuliner yang dihadirkan. Langsung saja, berikut ini beberapa makanan khas dari Jakarta dengan beragam kenikmatan yang ditawarkan.

  1. Kerak Telor

    Tentu saja kamu sudah tidak asing lagi dengan hidangan yang satu ini, kerak telor. Sesuai dengan namanya kerak telor merupakan sajian yang terbuat dari beras ketan dengan “topping” telur, udang, serta rempah-rempah yang khas.
    Pastinya cita rasa yang dimiliki olehnya begitu khas dan unik. Biasanya kerak telor dimasak di atas api arang dan proses penyajiannya dilakukan ketika sedang panas-panasnya. Kamu bisa menjadikan hidangan ini sebagai makanan ringan atau bekal saat bepergian.
  2. Soto Betawi

    Soto Betawi menjadi salah satu hidangan yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Jakarta. Hidangan nan nikmat ini, terbuat dari kombinasi berbagai bahan yang beraroma, termasuk juga dengan serai, santan, dan bumbu-bumbu lainnya.
    Hal yang membedakan soto Betawi dengan kebanyakan soto lainnya, yakni ada pada kuahnya yang bertekstur “creamy” karena penggunaan santan. Hidangan ini akan terasa jauh lebih lezat ketika ditambahkan potongan daging sapi yang sebelumnya sudah direbus lama.
  3. Nasi Uduk

    Berikutnya ada nasi uduk, nasi beraroma wangi yang dihasilkan oleh berbagai bumbu serta rempah aromatik seperti daun pandan, serai, dan juga daun salam. Penggunaan santan saat proses penanakannya juga membuat cita rasa yang dihasilkan semakin gurih.
    Makanan khas Jakarta yang satu ini sangat cocok diberi beberapa varian topping, mulai dari tempe renyah, ayam goreng, rendang sapi, hingga sambal goreng. Rasanya akan terasa lebih mantap lagi jika ditambah bawang goreng, telur rebus, dan irisan mentimun.
  4. Roti Buaya

    Beralih ke hidangan khas Jakarta dengan cita rasa yang manis, ada roti buaya yang terbuat dari perpaduan antara tepung, ragi, gula, dan dibentuk menyerupai buaya kemudian digoreng. Sehingga membuat bagian luarnya bertekstur renyah, sementara bagian dalamnya tetap halus dan lembut.
    Menariknya, kamu bisa menemukan beberapa varian roti buaya dengan isian yang cukup beragam. Di antaranya seperti cokelat, keju, selai kacang, hingga susu kental. Bahkan kamu juga bisa menemukan roti buaya dengan lebih dari satu jenis isian.
  5. Lontong Sayur

    Mencari santapan khas Jakarta yang sangat cocok untuk sarapan, maka lontong sayur adalah jawabannya. Lontong sayur sendiri merupakan hidangan tradisional dari Suku Betawi berupa lontong yang disajikan bersama sayuran seperti nangka, bayam, dan melinjo.
    Penambahan santan dan berbagai bumbu rempah yang khas seperti lengkuas, serai, serta kunyit, mampu memberikan cita rasa yang kaya, aromatik, dan tentunya sangat lezat untuk dinikmati terutama untuk sarapan saat pagi hari.
  6. Tape Uli

    Tape uli adalah sebuah hidangan penutup khas dari Betawi yang terbuat dari singkong atau ubi difermentasi, kemudian dihaluskan dan dibentuk bulat-bulat. Tidak lupa diberi lapisan parutan kelapa untuk menambah cita rasanya.
    Makanan satu ini terasa sedikit asam karena hasil fermentasi, yang dikombinasikan dengan rasa manis dari parutan kelapa. Rasa yang nikmat dengan tekstur yang sedikit kenyal, membuat tape uli sangat cocok dijadikan sebagai hidangan penutup.
  7. Dodol Betawi

    Membeli dodol Betawi sebagai oleh-oleh rasanya wajib dilakukan ketika kamu berkunjung ke Jakarta. Makanan yang terbuat dari campuran tepung ketan, gula aren, dan santan ini, memang sudah lama menjadi teman saat bersantai.
    Teksturnya yang kenyal dengan rasa manis yang dimilikinya, dijamin akan membuat siapa saja tidak bisa berhenti untuk menikmatinya. Untuk saat ini, memang ada beberapa varian rasa dodol Betawi, namun jangan lupa untuk memasukkan varian rasa original ke dalam keranjang belanjaan, ya!
  8. Ketoprak

    Terakhir ada makanan khas yang biasa kamu temukan terutama di saat malam hari, yakni ketoprak. Ketoprak sendiri terdiri dari campuran lontong, tahu, tauge, dan bihun rebus, kemudian diberi bumbu kacang yang pedas dan manis.
    Penyajiannya juga dilakukan dengan ditambahkan bawang goreng, perasan jeruk nipis, dan irisan cabai yang membuat cita rasanya terasa lebih lengkap. Berbagai macam komponen dalam hidangan itulah yang tidak akan ditemukan di makanan-makanan lainnya.

Untuk saat ini, makanan khas Jakarta memang sudah menyebar ke seluruh penjuru negeri. Cita rasa yang khas membuat banyak orang menyukainya, sehingga kamu bisa menemukannya di berbagai kota yang ada di Indonesia.