Wajib Ketahui! Inilah 5 Kota Perjuangan Kemerdekaan Sejarah Indonesia

197 views 4:50 pm 0 Comments May 20, 2024
Inilah 5 Kota Perjuangan Kemerdekaan Sejarah Indonesia!

Perjuangan melawan penjajah tentu tidak dapat dipisahkan dari sejarah Indonesia. Tidak sedikit para pejuang dari berbagai pelosok daerah melawan penjajah. Hal tersebut menjadikan beberapa kota di Indonesia memiliki sejarah perjuangan yang wajib diketahui secara umum.

Daerah-daerah yang menjadi saksi bisu dan pusat perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajahan patut disebut sebagai kota perjuangan. Berikut ini pembahasan singkat mengenai beberapa kota perjuangan kemerdekaan rakyat Indonesia melawan penjajah yang wajib diketahui!

5 Kota Perjuangan Kemerdekaan, Saksi Sejarah Indonesia!

Apa saja kota yang menjadi saksi perjuangan kemerdekaan dan menjadi bagian dari sejarah Indonesia? Simak jawaban lengkapnya di bawah ini!

Dari sekian banyak daerah di Indonesia, ada beberapa kota yang menjadi pusat perlawanan rakyat Indonesia ketika melawan penjajah dulu. Keberadaan kota-kota tersebut menjadi saksi perjuangan hingga saat ini. Inilah 5 kota yang menjadi pusat perjuangan kemerdekaan Indonesia:

Kota Surabaya

Jika Anda familiar dengan pertempuran 10 November 1945, tentu tidak terlepas dari perjuangan para rakyat Surabaya dalam melawan Sekutu. Kota Surabaya menjadi salah satu bukti perlawanan rakyat. Sehingga tidak heran jika sekarang setiap tanggal 10 November selalu diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional.

Insiden Hotel Yamato (sekarang menjadi Hotel Majapahit Surabaya) menjadi salah satu insiden bersejarah, yang mana rakyat Surabaya berbondong-bondong menyerbu dan memanjat bangunan tersebut untuk menyobek warna biru pada bendera Belanda sehingga menjadi bendera berwarna merah putih. Saat ini Anda masih dapat melihat bangunan bersejarah tersebut di pusat Kota Surabaya.

Kota Bandung

Peristiwa Bandung Lautan Api menjadi salah satu titik balik perjuangan rakyat Bandung dalam melawan penjajah. Pada tanggal 23 Maret 1946, aksi heroik Tentara Republik Indonesia dan rakyat  Bandung yang membumihanguskan markas militer para Sekutu yang membonceng tentara NICA.

Konferensi Asia Afrika yang juga menjadi sejarah Indonesia yang penting dan terjadi di tanah Bandung. Tidak heran jika sekarang Bandung banyak dikunjungi tidak hanya sebagai kota pariwisata yang terkenal dengan seninya. Tetapi juga banyak bangunan bersejarah seperti salah satunya Museum Konferensi Asia Afrika.

Kota Jakarta

Tidak hanya menjadi ibu kota dan kota terbesar di Indonesia, Jakarta juga menjadi sentral perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajahan. Jakarta yang mana dulu lebih dikenal sebagai Batavia, menjadi saksi ketika kapal penjajah tiba di Indonesia.

Jakarta juga menjadi pusat dari munculnya tokoh-tokoh dan pejuang nasional dalam melawan penjajahan. Hingga saat ini, banyak sekali bangunan museum yang menjadi sumber informasi tentang berbagai perjuangan rakyat Indonesia. Misal, Museum Kebangkitan Nasional, Monumen Nasional (MONAS) dan lain-lain.

Kota Bukittinggi

Kota Bukittinggi menjadi bukti bahwa perlawanan terhadap penjajahan tidak hanya berpusat di Pulau Jawa saja. Bukittinggi menjadi sentral perjuangan kemerdekaan Indonesia karena kota ini pernah menjadi ibu kota Pemerintahan Darurat Indonesia pada Desember 1948 hingga Juni 1949.

Pemilihan Kota Bukittinggi sebagai ibu kota Pemerintahan Darurat Indonesia karena dikelilingi oleh benteng alam seperti Gunung Marapi, Gunung Singgalang dan Lembah Sianok. Hal ini membuat pihak Belanda menjadi sulit untuk melakukan penjajahan. Saat ini, di Kota Bukittinggi banyak bangunan-bangunan yang saksi sejarah yang patut diketahui oleh rakyat Indonesia.

Kota Yogyakarta

Terakhir, ada kota Yogyakarta yang juga termasuk ke dalam kota perjuangan kemerdekaan Indonesia. Kota ini juga sempat menjadi ibu kota Indonesia sebelum pindah ke Jakarta karena keberadaan Kesultanan Yogyakarta dan Kadipaten Pakualam dinilai dapat memberikan keamanan dari intervensi dari Belanda.

Peristiwa sejarah yang paling terkenal dan terjadi di Yogyakarta adalah Serangan Umum 1 Maret, yang menjadi momentum perjuangan sekaligus kebanggaan rakyat Yogyakarta dan Indonesia dalam melawan penjajahan Belanda. Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, akan banyak sekali bangunan-bangunan bersejarah atau museum perjuangan yang dapat dikunjungi.

Itulah 5 kota di Indonesia yang menjadi saksi sejarah Indonesia dan perjuangan para rakyatnya melawan penjajah. Berbagai bangunan bersejarah masih berdiri tegak hingga saat ini, yang mana akan lebih baik jika Anda berkunjung dan mempelajari sejarah dari bangunan atau museum yang tersisa.