Prinsip dan Gaya Hidup Orang Jepang yang Layak Dicontoh

192 views 5:19 pm 0 Comments May 25, 2024
Prinsip dan Gaya Hidup Orang Jepang yang Layak Dicontoh

Sudah sejak lama Anda pasti mendengar tentang gaya hidup orang Jepang yang membuat kagum. Jepang sendiri dikenal sebagai salah satu negara paling berkembang di Asia.

Segala aspek disana sangat menarik dan terkesan maju. Misalnya seperti tata kotanya, pendidikannya, wisata, transportasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jepang Menjadi Negara yang Sangat Disiplin

Setiap negara pasti memiliki prinsip dan kebiasaannya masing-masing. Begitu juga dengan negara Sakura ini di mana orang atau masyarakatnya dikenal sangat menghargai waktu.

Bisa dikatakan mereka sangat disiplin dan menjadikannya sebagai gaya hidup orang Jepang. Mereka menerapkan disiplin yang baik untuk setiap hal seperti pekerjaan hingga kegiatan sehari-hari.

Untuk itu, jika Anda kesana maka pemandangan seseorang yang terlambat kerja atau sekolah akan sulit ditemukan. Bukan hanya masyarakatnya, transportasi di Jepang juga selalu datang sesuai dengan jadal.

Bahkan, pernah ada kejadian di mana perusahaan kereta Api meminta maaf karena armada mereka terlambat berangkat 25 detik saja dari jadwal yang ada. Sungguh sebuah bentuk kedisiplinan yang luar biasa bukan?

Selain itu, apabila ada gangguan dalam perjalanan dan bisa menimbulkan keterlambatan, biasanya perusahaan transportasi terkait sudah menyediakan slip. Ini merupakan slip yang bisa dipakai untuk meminta izin karena keterlambatan tersebut.

Karyawan bisa memberikan surat tersebut kepada atasan sehingga diharapkan dirinya bisa mendapatkan toleransi. Selain itu, gaya hidup orang Jepang yang bisa Anda contoh adalah kepatuhan mereka akan peraturan.

Masyarakat yang melanggar aturan biasanya akan langsung dipandang buruk dan tidak bisa dimaklumi begitu saja. Inilah mengapa banyak dari masyarakat disana kemudian terlihat perfeksionis dalam kesehariannya.

Gaya Hidup Orang Jepang yang Harus Ditiru

ada beberapa gaya hidup orang Jepang yang sangat positif dan bisa kita tiru. Misalnya saja seperti kedisiplinan, kesopanan, hingga gaya hidup sehat dalam sehari-hari

Selain disiplin, ada beberapa gaya hidup orang Jepang lainnya yang sebaiknya Anda ketahui dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah kebiasaan masyarakat negeri Sakura itu.

1. Senang Bekerja Keras

Jepang sama dengan Korea di mana masyarakatnya senang bekerja keras dan akan memberikan yang terbaik dari diri mereka. Orang disana akan menghargai setiap tanggung jawab dan pekerjaan yang diberikan.

Bahkan, beberapa warganya bisa dikatakan ‘gila kerja’ dan mempunyai prinsip hidup hanya untuk bekerja. Tidak heran jika Jepang dikenal sebagai salah satu negara di Asia yang paling modern untuk teknologi dan maju secara ekonomi.

Kerja keras seperti sudah menjadi bagian dari hidup perusahaan. Sebuah pemandangan umum disana di mana karyawan terbiasa bekerja lembur dan bekerja lebih lama dari jam seharusnya.

Mereka seringkali pulang terlambat. Menariknya, karyawan disana juga jarang mengambil cuti tahunannya untuk sekedar beristirahat atau pergi travelling.

2. Punya Dedikasi Tinggi dan Loyal

Lalu, gaya hidup orang Jepang selanjutnya adalah sangat loyal dan berdedikasi tinggi. Ini berkaitan erat dengan sejarah negara tersebut, khususnya di zaman Samurai.

Kala itu, seorang samurai akan setia kepada tuannya bahkan sampai mati. Apabila dirinya gagal menjalankan tugas atau dipaksa berkhianat, maka samurai akan memilih mengakhiri hidupnya dengan cara merobek perut (hara-kiri).

Nilai seperti itu masih dipegang kuat oleh masyarakat Jepang sampai saat ini. Dalam mengerjakan sesuatu, mereka akan mengupayakan seluruh kemampuan dan berusaha semaksimal mungkin.

Jika gagal atau melanggar norma sosial yang ada disana, maka biasanya orang tersebut akan mundur. Prinsip atau gaya hidup orang Jepang adalah menjaga harga dirinya dengan menjalankan hal yang benar.

Apabila salah atau gagal, mereka lebih memilih untuk mundur. Inilah prinsip kuat yang bisa Anda contoh juga karena memiliki banyak manfaat untuk kehidupan.

3. Hidup Sehat

Tahukah Anda bahwa Jepang ternyata merupakan salah satu negara yang memiliki usia harapan hidup paling tinggi di dunia? Menurut riset, seorang wanita disana memiliki harapan hidup sampai lebih dari 85 tahun.

Sedangkan pria adalah sekitar 78 tahun. Bagaimana dengan di Indonesia? Indonesia memiliki usia harapan hidup yang rata-ratanya adalah 70 tahun di mana perbedaannya begitu terasa dengan Jepang.

gaya hidup orang Jepang yang sehat tersebut membuat masyarakatnya jarang sekali yang mengalami obesitas. Ini karena mereka selalu memperhatikan kebugaran serta kesehatannya.

Mereka lebih memilih mengkonsumsi sedikit nasi dan lebih banyak memakan lauk serta sayuran. Orang-orang disana juga senang mengkonsumsi buah dan jarang memakan makanan yang digoreng.

Ini berbeda dengan orang Indonesia yang lebih sering memakan olahan makanan yang digoreng. Selain itu, rasa makanan di tanah air juga cenderung lebih kuat karena banyak kandungan garamnya.

Makanan di Jepang memang terasa lebih hambar. Ini merupakan salah satu usaha mereka untuk menjaga kesehatan tubuh sepenuhnya.

4. Sangat sopan

Ada sebuah gaya hidup orang Jepang yang mengagumkan yaitu kesopanannya. Mereka sangat memperhatikan etika ketika bertemu dengan orang lain.

Misalnya saja menggunakan diksi yang berbeda ketika berbicara dengan teman, orang yang lebih tua, atau seseorang yang lebih dihormati. Masyarakat disana dituntut harus pintar menempatkan diri.

Mereka harus dapat bersikap dengan baik dan menghargai lawan bicara. Adanya gaya hidup orang Jepang akan terus diajarkan secara turun temurun kepada anak dan cucunya.