Tujuan Mengganti Oli Gardan Motor Matic Perlu Anda Ketahui

170 views 8:56 am 0 Comments June 4, 2024
Tujuan Mengganti Oli Gardan Motor Matic Perlu Anda Ketahui

Untuk menjaga performa dan keawetan kendaraan roda dua, perawatan rutin adalah suatu keharusan seperti mengganti oli gardan motor matic.

Poros merupakan bagian yang menjamin roda belakang sepeda motor dapat berputar dengan lancar. Tugas oli gardan adalah melumasi bagian tersebut agar tidak cepat rusak akibat gesekan.

Tujuan Mengganti Oli Gardan Motor Matic

Sebuah kendaraan matic membutuhkan oli gardan motor matic memungkinkan mesin pada kendaraan dapat bekerja maksimal dan bertahan lebih lama.

Oli gardan meminimalkan gesekan tersebut sehingga komponen gardan berfungsi dengan baik dan tidak cepat aus/rusak. Berikut beberapa tujuan mengganti pelumas juga perlu Anda ketahui.

1. Melumasi Rasio Roda Gigi

Pada kendaraan matic dengan mesin bertransmisi otomatis, rasio gigi sangatlah penting. Oli gardan berfungsi sebagai pelumas pada transmisi, mencegah mudah rusak dan mencegah terjadinya gesekan antar komponen pada mesin.

digunakan untuk mengurangi keausan pada komponen gardan sepeda motor matic. Jika mesin tidak dilumasi dengan benar atau tidak mengandung cukup pelumas, gesekan antar komponen akan meningkat.

Hal ini dapat menyebabkan keausan pada komponen gardan dan mempengaruhi performa serta ketahanan sepeda motor matic secara keseluruhan.

Penggunaan oli gardan motor matic yang tepat dapat mengurangi keausan pada komponen gardan sehingga menjaga kondisi sepeda motor matic tetap baik. Penggunaan pelumas yang baik juga dapat meningkatkan efisiensi performa pada sepeda motor matic.

Dengan mengurangi konsumsi antar mesin lain, maka tenaga dihasilkan mesin dapat diarahkan secara maksimal ke roda belakang. Artinya sepeda motor matic ini memiliki akselerasi yang lebih responsif dan meningkatkan performa secara keseluruhan.

2. Mengurangi Gesekan Komponen Gardan

Mesin pada kendaraan tersebut bergerak dan bergesekan satu sama lain seiring dengan pergerakan kendaraan. Untuk mengurangi gesekan diperlukan pelumas khusus berupa oli gardan.

Tujuan mengganti oli gardan motor matic lainnya adalah untuk mendinginkan komponen gardan pada sepeda motor matic. Sepeda motor matic digunakan dalam jangka waktu lama atau dalam suhu tinggi.

Maka komponen akan menimbulkan panas yang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen. Dengan pelumas tersebut yang baik maka panas dihasilkan bisa dihindari atau teratasi sehingga mencegah terjadinya kerusakan pada komponen kendaraan.

Dengan melumasi komponen gandar secara teratur, oli gandar membantu memperpanjang umur gandar itu sendiri, sehingga mengurangi kebutuhan suku cadang pengganti yang mahal.

3. Sesuaikan kecepatan putaran roda

Oli gardan motor matic juga mempengaruhi kecepatan roda kendaraan roda empat. Misalnya saat mobil menikung, kecepatan roda kanan dan kiri berbeda. Komponen yang kekurangan pelumas atau oli berisiko mengalami masalah dan menimbulkan ketidakseimbangan putaran roda.

Jika kemampuan berbelok mobil dibatasi tentu sangat berbahaya bagi pengemudinya. Pelumas tersebut juga berfungsi untuk melindungi bagian logam pada mesin dari karat serta korosi.

Hal ini sangat penting karena terletak di bagian bawah sepeda motor dan terkena unsur-unsur yang dapat merusak komponen mesin lainnya.

4. Mendinginkan Mesin

Oli gardan motor matic meminimalkan gesekan sehingga tidak terjadi panas berlebih atau mesin terlalu panas. Gesekan pada bagian-bagian mobil menimbulkan panas.

Ketika pelumas kekurangan, panas yang dihasilkan akibat gesekan antar komponen kendaraan meningkat sehingga mengakibatkan panas berlebih. Panas berlebih dapat menyebabkan komponen lain tidak berfungsi dan mengakibatkan kerusakan mesin.

Hal ini juga bisa disebabkan oleh kualitas pelumas yang sudah menurun sehingga perlu segera diganti. Jika tidak, panas berlebih dapat berdampak pada kendaraan ini dan merusak komponen poros lainnya. Biaya perbaikannya tidak sedikit.

5. Mencegah suara mesin yang keras

Kurangnya oli gardan motor Matic meningkatkan gesekan, yang menyebabkan kerusakan transmisi. Kerusakan ini nantinya dapat menimbulkan suara keras/keras dari transmisi CVT.

Manfaat pelumas ini yang utama adalah dapat membentuk lapisan pada seluruh komponen transmisi CVT (Continuously Variable Transmission).

Transmisi otomatis memerlukan lapisan yang mampu menahan kinerjanya. Tanpa lapisan pelumas, gesekan antar mesin menyebabkan kendaraan roda dua mengalami panas berlebih.

Seperti telah Anda ketahui, panas berlebih harus dihindari karena dapat merusak mesin yang saling bergesekan. Jika oli tidak diganti secara berkala, kerusakan pada bagian transmisi matic kendaraan matic paling berakibat fatal.

Bermula dari suara mesin yang keras karena tidak adanya pelumas menyebabkan mesin bekerja lebih cepat dan cepat panas jika tidak mengganti oli gardan motor matic.

6. Pergerakan transmisi lebih halus

Adanya oli pada sistem transmisi sepeda motor matic membuat pergerakan menjadi lebih mulus karena pergantian gigi terjadi secara otomatis.

Dengan cara ini performa transmisi menjadi lebih konsisten. Mengubah kecepatan yang dibutuhkan pengemudi aman. Sepeda motor matic harus mampu mengubah kecepatan sepeda motornya, baik dalam kondisi drastis maupun statis.

Baik itu perubahan kecepatan dari tinggi ke rendah atau sebaliknya. Jika diperhatikan penggantiannya maka performanya akan lebih baik dan kendaraan juga akan lebih awet.

Apakah sepeda motor mengeluarkan suara keras saat dikendarai? Bisa jadi ini pertanda kerusakan pada sistem transmisi. Kerusakan ini tidak lain disebabkan oleh berkurangnya kekentalan pelumas.

Kebisingan menjadi lebih keras ketika Anda menambah dan kemudian mengurangi kecepatan kendaraan atau sebaliknya. Kebisingan ini disebabkan oleh gesekan pada gearbox yang bekerja terlalu keras tanpa adanya oli gardan motor matic.