Cara Mencegah Diabetes Melitus Termudah Dilakukan Sejak Dini

171 views 6:12 am 0 Comments June 11, 2024
Cara Mencegah Diabetes Melitus Termudah Dilakukan Sejak Dini

Cara mencegah diabetes melitus (DM) dibutuhkan semua orang. Apalagi penyakit adalah gangguan metabolisme kronis beserta multi etiologi sehingga kadar gula meningkat. Lalu muncul masalah metabolisme lipid, karbohidrat maupun protein.

Hal ini terjadi karena insufisiensi fungsi insulin. Untuk insulin sendiri adalah hormon pengatur kadar gula yang diproduksi pankreas. Kalau produksi insulin terlalu sedikit atau sel tubuh tidak merespon, diabetes terjadi.

Cara Mencegah Diabetes Melitus yang Praktis dan Mudah Wajib Segera Dilakukan

Mengetahui cara mencegah diabetes melitus perlu dilakukan sejak dini. Apalagi dapat menjadi gaya hidup sehat yang praktis dilakukan dengan mudah.

Diabetes perlu diwaspadai karena punya gejala seperti mudah mengantuk hingga impotensi. Bahkan berat badan cepat menurun, penglihatan kabur, kesemutan dan sebagainya. Demi mencegah terkena diabetes, harus mengikuti cara seperti:

1. Mempertahankan Berat Badan Ideal

Untuk cara mencegah diabetes melitus terbaik yaitu dengan menjaga berat badan ideal. Ternyata obesitas menjadi salah satu penyebab penyakit ini. Penyebabnya karena kerja metabolisme terganggu yang kemudian kesulitan merespon insulin.

Mempertahankan berat badan tetap ideal menjadi cara alami mencegah gangguan tersebut. Pastikan selalu menjaga asupan karbohidrat hingga gula yang tepat. Kalau perlu membuat batasan sehingga tidak menyebabkan kegemukan.

2. Berolahraga Secara Rutin

Olahraga secara rutin dapat membantu meningkatkan produktivitas insulin hingga sensitivitas sel tubuh. Artinya jumlah kadar gula dalam darah akan terkontrol dengan baik. Kemudian bisa menghindari masalah diabetes dalam waktu panjang.

Belum lagi olahraga juga berguna membakar kalori sehingga menghasilkan energi. Tentu bisa sekaligus menyimpan kelebihan glukosa untuk energi sebagai protein otot. Walaupun waktunya sempit, wajib berolahraga 150 menit per minggu.

3. Rajin Minum Air Putih

Konsumsi air putih secara rutin dapat menjadi kunci cara mencegah diabetes melitus. Penyakit ini terjadi kalau manusia mengonsumsi minuman manis berlebihan. Pastikan membiasakan diri memilih air putih agar lebih sehat.

4. Hentikan Kebiasan Merokok

Merokok menjadi penyebab berbagai masalah penyakit. Risiko semakin tinggi jika Anda sering merokok sebanyak 20 batang atau lebih per hari. Hal ini sama berisikonya dengan rokok elektrik sehingga perlu menghentikannya.

5. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Memiliki pola hidup segar menjadi langkah yang perlu diikuti sejak dini. Anda disarankan mengonsumsi makanan tanpa kandungan gula tinggi atau berlemak. Pilihlah makanan bernutrisi tinggi seperti serat, protein dan vitamin.

Sebagai cara mencegah diabetes melitus, pastikan juga memperhatikan porsi makan. Jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan kegemukan. Tapi tidak boleh mengabaikan jadwal makan sehingga tetap harus teratur dengan porsi tepat.

6. Kurangi Gula dan Karbohidrat

Mengurangi asupan gula dan karbohidrat menjadi kunci kesehatan. Maksimal konsumsi gula per hari adalah 30 gram atau 7 sendok teh. Sebenarnya perlu diganti karbohidrat kompleks supaya seratnya lebih tinggi.

7. Menambah Kadar Vitamin D

Mempertahankan kadar vitamin D tubuh secara optimal adalah cara mencegah diabetes melitus. Ternyata vitamin D bisa membantu meningkatkan sensitivitas tubuh pada insulin. Artinya mampu mengurangi masalah resistensi insulin.

Belum lagi terdapat pilihan makanan bisa dipilih untuk meningkatkan kadar vitamin D. Contohnya ikan salmon, buah alpukat hingga yogurt. Pastikan mengolahnya dengan cara sehat supaya memberikan manfaat yang lebih baik.

8. Tambah Makanan Tinggi Serat

Konsumsi makanan tinggi serat disarankan karena bisa membantu mengatur kadar gula dalam tubuh. Misalnya memperbanyak sayur, buah, kacang-kacangan atau buah-buahan. Kurangi juga konsumsi lemak jenuh karena kurang baik manfaatnya.

9. Kelola Stres

Memahami cara mengelola stres menjadi kunci kesehatan tubuh. Kalau sedang stres, dapat melepaskan hormon kortisol di mana meningkatkan kadar gula darah. Artinya harus tetap memiliki pikiran positif dan tidak tertekan.

Mengurangi stres sebagai cara mencegah diabetes melitus juga memengaruhi pola makan. Kalau dalam kondisi stres seringkali mudah lapar sehingga terlalu banyak kalori masuk. Latihlah pengelolaan stres karena menjadi penunjang kesehatan.

10. Kurangi Konsumsi Makanan Instan

Makanan instan atau olahan mudah disajikan dan memiliki rasa nikmat. Gaya hidup juga membuat makanan instan semakin populer. Meski begitu bisa menyebabkan masalah kesehatan sehingga tidak baik untuk tubuh Anda.

Makanan seperti junkfood, frozen food, biskuit dan sebagainya perlu dikurangi. Kalaupun ingin mencari camilan bisa memilih yang lebih sehat. Perlu Anda ketahui jika masalah diabetes juga dapat menyerang anak muda.

11. Cek Gula Darah Secara Berkala

Berusaha mengecek kadar gula darah dalam tubuh termasuk cara mencegah diabetes melitus terbaik. Anda terbantu karena memonitor kondisi kadar gula dengan baik. Bahkan mendeteksi apabila terdapat masalah pada saat itu.

Umumnya bisa melakukannya setahun sekali sehingga memastikan kesehatan tetap terjaga. Kalau dalam kondisi baik, dapat tetap mempertahankan kesehatan. Tapi jika sudah mulai bermasalah akan lebih mudah mengobati dengan cepat.

12. Jangan Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama ternyata bisa menyebabkan masalah perlambatan metabolisme dalam tubuh. Artinya risiko terjadinya resistensi insulin akan muncul. Inilah alasannya orang yang bekerja dengan duduk berjam-jam risikonya tinggi.

Untuk menghindari masalah tersebut, disarankan agar melakukan kombinasi duduk dan berjalan kaki. Anda bisa melakukannya setiap 20-30 kali menit. Nantinya dapat membantu mempertahankan kontrol glukosa sekaligus respon insulin.

Mengikuti berbagai cara tersebut membantu mencegah risiko dan gejala agar tidak datang. Bahkan sekaligus terhindar dari berbagai penyakit lainnya. Jadi, perlu membiasakan diri mengikuti cara mencegah diabetes melitus dari awal.