Lakukan Gerakan Stretching ini Sebelum Tidur Agar Lebih Nyenyak

132 views 2:00 pm 0 Comments July 27, 2024
Lakukan Gerakan Stretching ini Sebelum Tidur Agar Lebih Nyenyak

Gerakan stretching sebelum tidur membantu dalam membuat tidur semakin nyenyak. Gerakan ini sangat bermanfaat, terutama bagi orang yang menghabiskan banyak waktu bekerja sambil duduk. Stretching atau peregangan otot merupakan kegiatan untuk menjaga bagian ini tetap lentur.

Untuk jenisnya sendiri cukup beragam dan bermanfaat bagi kebugaran tubuh. Kegiatan ini umumnya dilakukan sebagai gerakan pemanasan maupun pendinginan saat berolahraga. Namun juga bisa dilakukan ketika tidak sedang berolahraga, termasuk sebelum tidur.

Beragam Gerakan Stretching Sebelum Tidur

Beragam gerakan stretching sebelum tidur berguna untuk membuat kualitas tidur melalui peregangan otot di berbagai bagian tubuh setelah beraktivitas seharian.

Aktivitas seharian seperti duduk ketika bekerja dapat menyebabkan otot menjadi tegang dan kaku. Akibatnya, kualitas tidur jadi kurang baik serta sulit rileks. Agar tidur bisa lebih nyenyak melakukan stretching memberikan banyak manfaat.

Selain membuat otot tegang jadi lebih reda, dapat juga membantu memperbaiki kualitas tidur sambil memberikan rasa rileks. Tidak hanya membuat semakin berkualitas namun juga bangun lebih segar. Ada beberapa gerakan yang bisa dilakukan untuk meregangkan otot.

Manfaat peregangan bagi kesehatan dapat Anda peroleh dengan melakukannya secara rutin. Gerakan peregangan otot bisa untuk ketika tubuh mulai terasa pegal maupun kaku. Berikut beberapa gerakan peregangan yang bisa Anda lakukan di kasur untuk mendapatkan kualitas tidur jadi lebih baik.

1. Gerakan Bear Hug

Bear hug merupakan gerakan peregangan yang cukup sederhana serta mudah. Untuk melakukannya dapat berdiri dengan kedua kaki melebar segaris bahu. Gerakan stretching sebelum tidur berupa bear hug menyerupai memeluk diri sendiri.

Caranya menyilangkan kedua tangan dengan menyentuh punggung melalui sisi berlawanan. Aktivitas ini berguna membuat otot punggung pada bagian atas jadi lebih renggang. Bear hug menjadi aktivitas fisik yang bermanfaat untuk membuat otot punggung jadi semakin lemas.

Bear hug sangat cocok bagi Anda yang duduk terlalu lama atau suka angkat beban terlalu berat. Selain bisa membantu membuat kualitas tidur lebih baik, berguna juga mengurangi otot yang tegang serta rasa nyeri.

Untuk melakukannya, Anda perlu berdiri tegak serta menarik napas secara dalam-dalam. Bear hug bisa dilakukan selama kurang lebih selama 30 detik. Agar dapat memperoleh hasil secara maksimal dapat mengurangi peregangan sekitar 7 sampai 8 kali.

Selain cocok untuk meregangkan otot bagian punggung, berguna juga membantu melemaskan otot di bahu. Dengan begitu gerakan stretching sebelum tidur berupa bear hug sangat membantu melemaskan otot.

2. Head Rolls

Head rolls memiliki tujuan untuk membuat otot bahu serta leher jadi lebih lentur. Tujuannya hampir serupa dengan neck stretches. Gerakan ini sangat cocok untuk melemaskan otot leher maupun punggung bagian atas.

Caranya yaitu dengan memutarkan kepala secara perlahan-lahan. Dalam melakukannya bisa dengan posisi berdiri dan memutar kepala ke kanan hingga telinga menyentuh bahu. Anda perlu menahan gerakan setidaknya 5 detik sebelum akhirnya kembali ke posisi semula.

3. Legs up the Wall

Gerakan stretching sebelum tidur menjadi metode peregangan yang cukup mudah. Tujuan dari melakukan legs up the wall adalah agar rasa sakit pada punggung bisa semakin reda. Selain punggung, bisa juga meredakan rasa sakit pada bagian bahu maupun leher.

Dengan begitu kualitas tidur jadi terasa lebih nyaman. Cara melakukan legs up the wall yaitu dengan dalam posisi berbaring. Selanjutnya yaitu mengangkat kedua kaki dengan menyandarkan pada dinding secara vertikal.

Bila Anda merasa kesulitan dalam melakukannya, dapat menggunakan bantuan dari bantal pada bagian pinggul. Posisi ini berguna untuk membantu sirkulasi darah jadi semakin lancar, terutama pada bagian kaki serta pencernaan.

Legs up the wall bisa dilakukan secara rutin sebelum tidur. Selama melakukan gerakan, Anda dapat mempertahankan posisi 5 hingga 8 menit. Namun jika merasa tidak nyaman maupun nyeri, sebaiknya untuk segera menghentikan peregangan.

4. Child’s Pose

Gerakan stretching sebelum tidur berikutnya adalah child’s pose. Peregangan ini membantu membuat otot pada bagian bahu, leher, serta punggung agar dapat semakin kendur. Sementara untuk caranya sendiri yaitu dengan mengambil posisi duduk sambil berlutut.

Pada posisi tersebut, pantat harus menyentuh tumit. Selanjutnya yaitu merentangkan kedua tangan ke arah depan sambil menyentuh lantai. Posisi tubuh sendiri perlu pada rata-rata permukaan lantai. Agar otot dapat rileks dapat dengan mengistirahatkan kepala di lantai dan tahan selama beberapa detik.

Child’s pose berfungsi membuat tubuh jadi semakin rileks dengan mengatur pernapasan maupun mengurangi stres secara berlebihan. Gerakan stretching sebelum tidur sangat berguna membantu menghilangkan rasa sakit serta otot yang kaku pada beberapa bagian tubuh.

Termasuk di dalamnya yaitu pada bagian punggung, leher, serta bahu. Dengan melakukan child’s pose bertujuan dalam memberikan jeda istirahat sebentar bagi tubuh. Gerakan ini tidak hanya berguna membuat otot jadi semakin lentur, namun juga pengaturan pernapasan.

Dengan peregangan child’s pose membuat pernapasan jadi lebih teratur dan tenang. Gerakan ini juga cenderung lebih mudah dan ringan untuk dilakukan sebelum tidur dengan berbagai manfaatnya bagi kesehatan.

Selain beberapa jenis tersebut, stretching mempunyai jenis lainnya termasuk spinal twist, neck stretches, side stretch, hingga knee to chest. Semua gerakan stretching sebelum tidur tersebut sangat berguna untuk meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan tubuh.