Inilah Rekomendasi Ide Quality Time Bersama Keluarga yang Asyik Dilakukan

123 views 3:23 pm 0 Comments July 31, 2024
Inilah Rekomendasi Ide Quality Time Bersama Keluarga yang Asyik Dilakukan

Quality time bersama keluarga memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari meningkatkan kasih sayang, sampai emosional. Sayangnya untuk melakukannya terkadang sulit karena hanya itu-itu saja dan membosankan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya mulai sekarang menghabiskan waktu dengan orang tersayang melalui cara yang berbeda. Siapa tahu setelah itu, kekompakan dan kesehatan mental akan meningkat.

Ide Quality Time Bersama Keluarga

Quality time bersama keluarga menjadi momen paling penting, caranya ada banyak sekali mulai dari olahraga, nonton film, sampai dengan main game bersama.

Ada beberapa ide menarik yang sebenarnya dapat dilakukan seperti makan di luar. Walau momennya sama-sama menikmati hidangan di satu meja, namun suasananya akan berbeda, sehingga rasanya juga tidak sama.

Hal inilah yang nantinya akan memicu lahirnya komunikasi, saling bercanda dan lain sebagainya. Sebuah kegiatan sederhana tetapi mempunyai makna luar biasa, tidak perlu tempat mahal asalkan semua bisa kumpul.

Poin paling sederhana adalah satu sama lain dapat memahami menu kesukaannya apa, sebagai wujud perhatian. Kedekatan sebagai sesama keluarga ini sangat penting karena bisa menentukan segalanya. Selain makan malam bersama di luar, coba lakukan berbagai macam ide quality time bersama keluarga sebagai berikut:

1. Karaoke

Menyanyikan lagu kesukaan bersama orang tersayang memang sangat penting dan bisa menjadi ide. Dari sini nanti akan muncul komunikasi, mengapa memilih lagu tersebut ada kenangan apa.

Ketika salah satu sudah bercerita akan muncul perasaan saling memahami, kondisi tersebut akan berdampak baik. Rasa empati akan hadir dengan sendirinya sehingga mampu merekatkan hubungan.

Quality time bersama keluarga dengan karaoke bisa menjadi sangat seru karena dapat dengan menari, atau nyanyi bersama sehingga memunculkan momen kebahagiaan, dan mampu mengurangi hormon kortisol.

Karaoke ini jadi ide terbaik karena dapat dilakukan dan dijalankan oleh semua kelompok usia. Kegiatan tersebut bisa di rumah atau tempat karaoke dimana saat ini cukup banyak tempatnya.

2. Menonton Film Kesukaan

Quality time bersama keluarga selanjutnya adalah menonton Film kesukaan. Datang ke bioskop kemudian pilih pertunjukan yang diinginkan, terlebih pada momen tertentu ada banyak film bagus.

Tidak perlu takut dengan rating, ada beberapa sudah ramah terhadap anak. Jadi bisa melihatnya satu keluarga, setelah itu saling bercerita pengalaman menonton, satu hal yang sangat menyenangkan.

Aktivitas ini sangat mudah dilakukan, di rumah juga tidak menjadi masalah terlebih layanan streaming sekarang cukup banyak. Kegiatan sederhana ini setidaknya dapat dilakukan untuk mengisi week end Anda.

Agar lebih berkesan jika di rumah, siapkan sendiri popcorn, camilan, atau minuman lainnya untuk disantap saat menonton. Momen ini begitu mengasyikkan dan usahakan untuk mematikan ponsel.

3. Staycation

Ide quality time bersama keluarga berikutnya adalah staycation, mungkin menyewa villa atau juga camping di sebuah tempat. Liburan ke suatu tempat ini mampu meredakan stress dengan baik sehingga, menciptakan sisi emosional.

Walau hanya camping bersama, kondisi tersebut mampu merekatkan hubungan antar keluarga. Terlebih kalau Anda menikmati berbagai keindahan alamnya, dengan jalan-jalan menikmati udara sejuk bersama, jangan lupa untuk foto.

Kenangan kecil semacam itu sangat penting, dan begitu menyenangkan untuk dikenang. Usahakan selama melakukan liburan ini Anda harus menghilangkan ego, jangan memikirkan pekerjaan, tetap fokus pada keluarga.

4. Main Games

Bermain game menjadi salah satu ide yang cukup menyenangkan. Terlebih sekarang ada begitu banyak pilihan, misalnya saja uno, siapa yang mampu menghabiskan kartu adalah pemenangnya,

Buat permainan ini lebih menarik dengan menambahkan aturan, siapa yang kalah nanti dihukum misalnya, celoreng menggunakan pupur atau bahan lain, sehingga mampu menghadirkan gelak tawa dan kehangatan.

Bermain game seperti ini nantinya mampu mengalihkan perhatian Anda dan menghilangkan diri dari pekerjaan agar tidak stres. Bisa juga mencoba mengetahui isi hati masing-masing dengan permainan truth or dare.

Hanya saja, untuk truth or dare jangan sampai baper satu sama lain. Permainan tersebut bertujuan agar satu anggota keluarga dapat mengerti perasaan masing-masing, dan tercipta hubungan yang erat.

Jika bosan, mungkin Anda dapat mengandalkan media sosial. Coba saja scroll dan cari apa yang diinginkan, kemudian diskusikan ke semua anggota apakah setuju untuk memainkannya atau tidak.

5. Olahraga

Quality time bersama keluarga juga dapat dilakukan dengan cara berolahraga. Bangun pagi kemudian menentukan di mana lokasinya, setelah itu berangkat dan nikmati momen menyenangkan tersebut.

Beri waktu 10 menit untuk melakukan sendiri kemudian, sisanya kerjakan bersama keluarga. Ide ini nantinya akan menghabiskan waktu, jadi rencanakan dengan matang terlebih dulu, agar menyenangkan.

Misalnya, berangkat olahraga pukul 5 ke panti untuk jalan-jalan atau lari-lari, setelah itu sarapan, bermain air, mandi dan pulang. Bisa juga merencanakan yang lain asalkan semuanya senang.

Cobalah lakukan rutin, kalau hari biasa setidaknya 15 menit saja. Tetapi kalau hari libur mungkin lebih dari itu, selain menyehatkan, hal seperti ini mampu merekatkan ikatan emosional satu sama lain.

Quality time bersama keluarga memang sangat penting, terutama untuk Anda yang masih punya anak dengan usia tumbuh kembang, pembentukan mental sangat diperlukan untuk masa depannya.