Cara Jaga Kesehatan Mata, Penderita Miopia Wajib Baca!

308 views 5:23 am 0 Comments September 29, 2023

Miopia atau mata minus (rabun jauh) adalah kondisi ketidakmampuan mata dalam melihat objek dari jarak jauh secara jelas. Gangguan penglihatan ini bisa semakin parah jika Anda tidak menjaga kesehatan mata dengan baik.

Rabun jauh biasanya terjadi karena bentuk mata terlalu memanjang atau karena bentuk kornea terlalu melengkung. Gangguan ini bisa bermula saat masa anak-anak dan remaja. Terlalu sering menatap gadget dan membaca di tempat gelap juga bisa menjadi pemicunya.

Tips Menjaga Kesehatan Mata bagi Penderita Miopia

Meskipun tidak menyebabkan gangguan penglihatan yang fatal, rabun jauh bisa membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Itu karena penderita miopia harus menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk membantu memperjelas saat melihat objek dari jarak jauh.

Jika tidak ingin rabun jauh semakin parah, sebaiknya mulai jaga kesehatan mata dengan melakukan tips-tips di bawah ini.

  • Jangan Gunakan Lampu Terlalu Terang

    Pencahayaan yang terlalu terang bisa membuat penderita rabun jauh merasa tidak nyaman. Jika Anda bekerja di tempat yang terlalu terang, sebaiknya gunakan lensa kacamata berwarna untuk mengurangi kecerahan sinar lampu atau matahari.

  • Jaga Asupan Makanan

    Penderita rabun jauh disarankan mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin A, C, E, dan asam lemak omega-3. Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu memperlambat perkembangan miopia. Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk penderita rabun jauh di antaranya adalah wortel, kacang-kacangan, bayam ikan salmon, dan buah-buahan.

  • Rutin Berolahraga

    Selain memperbanyak asupan nutrisi, Anda juga perlu melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan mata. Tidak harus olahraga berat yang terpenting olahraga tersebut bisa melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Contohnya seperti jogging, berenang, bersepeda, senam, dan lainnya.

  • Hindari Terlalu Lama Menggunakan Gadget

    Penderita rabun jauh tidak disarankan menatap layar ponsel, tablet, komputer, atau TV terlalu lama. Itu karena penggunaan gadget bisa membuat mata terlalu fokus pada jarak dekat, sehingga membuat saraf mata menjadi tegang. Jika pekerjaan Anda mengharuskan di depan komputer sebaiknya istirahatkan mata setiap 30 menit sekali.

  • Gunakan Lensa Khusus

    Untuk membantu memperjelas pandangan penderita rabun jauh biasanya perlu menggunakan lensa khusus, baik itu berupa kacamata maupun lensa kontak. Agar bisa melihat dengan nyaman gunakan lensa khusus miopia yang sudah diresepkan oleh dokter.

    Penggunaan kacamata lebih disarankan karena cara pakainya mudah dan aman untuk mata. Selain itu juga tidak menimbulkan efek negatif yang bisa membahayakan kesehatan mata. Jika ingin menggunakan lensa kontak sebaiknya pilih hard lens karena lebih aman namun harganya lebih mahal dibandingkan soft lens.

  • Lakukan Pemeriksaan secara Teratur

    Mengapa harus memeriksakan mata secara teratur? Untuk memastikan bahwa mata dan penglihatan Anda tetap dalam kondisi stabil. Pemeriksaan mata sangat penting dilakukan untuk menghindari terjadinya komplikasi gangguan penglihatan.

  • Tidur yang Cukup

    Apa hubungannya tidur dengan mata minus? Tentu berkaitan karena mata yang kurang tidur memiliki saraf-saraf yang tegang. Jika hal tersebut terjadi secara terus-menerus maka akan memperburuk kondisi mata minus Anda.

Dari beberapa tips tadi, mana yang sudah Anda terapkan? Jika belum menerapkannya coba mulai sekarang lakukan cara-cara tadi untuk mencegah rabun jauh semakin parah.

Jika mata minus Anda sudah sangat parah lebih baik lakukan operasi lasik untuk mengatasinya. Apabila masih dalam kategori ringan maka Anda masih bisa menerapkan cara-cara di atas untuk menjaga kesehatan mata mencegah minus semakin parah.