Cara Mematikan Keyboard Laptop yang Sering Mengganggu

89 views 2:50 am 0 Comments June 26, 2024
Cara Mematikan Keyboard Laptop yang Sering Mengganggu

Ketika Anda memiliki kepentingan untuk gunakan keyboard eksternal dibutuhkan cara mematikan keyboard laptop internal. Hal ini perlu dilakukan karena jika internal masih hidup eksternal tidak bekerja.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dan tentunya memiliki efek berbeda satu dengan lainnya. Anda yang melakukannya juga pasti akan memiliki alasan berbeda satu dengan yang lainnya juga.

Cara Mematikan Keyboard Laptop sesuai Tujuannya

Cara mematikan keyboard laptop secara sementara, permanen, dan mengunci akan berguna bagi Anda, jadi pastikan memahaminya secara seksama

Jika Anda ingin mematikan dengan tujuan sepenuhnya mengganti secara permanen dengan sementara tentu caranya berbeda. Begitu juga jika Anda ingin mematikan hanya sebagai tombol ada cara berbeda.

Maka dari itu pastikan dahulu tujuan Anda untuk apa, lalu kemudian pilih cara yang Kami sampaikan di bawah ini. Untuk proses yang lancar harap untuk perhatikan step by step khususnya pada mematikan secara permanen.

1. Mengunci sementara (tidak mematikan)

Cara mematikan keyboard laptop sebagian ini akan berguna jika hanya pada tombol tertentu saja tidak dapat digunakan. Untuk penggunaan cukup menggunakan tombol FN plus lock keyboard bersamaan.

Hanya saja tidak semua laptop menyediakan fitur ini, kebanyakan hanya pada fitur laptop canggih masa kini. Yang mana mungkin pada perangkat jadul Anda tidak bekerja, namun jika ingin tahu caranya ini sangat mudah.

Cukup dengan mematikan keyboard menggunakan function keys, biasanya terletak pada tombol F1 sampai F12, Anda bisa mencari sendiri dengan simbol mirip dengan gembok di antara tombol tersebut.

Untuk mengaktifkannya cukup dengan menekan bersamaan dengan Fn seperti di atas. Lalu kemudian keyboard akan terkunci. Cara ini berguna untuk mencegah adanya terpencet tombol saat bekerja atau mengetik.

2. Mematikan secara sementara

Selanjutnya, cara mematikan keyboard laptop kedua ini benar-benar mematikan. Namun konsepnya hanya mati suri dan bila program memulai ulang akan kembali seperti semula, tujuan dari melakukannya untuk apa?

Jelas dapat digunakan ketika Anda ingin menggunakan keyboard eksternal pada saat tertentu. Ketika bosan dengan menggunakan keyboard internal yang kemungkinan tidak nyaman untuk digunakan.

Cara melakukannya tidak semudah sebelumnya, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan bahkan dengan melakukan perintah dengan menggunakan run. Untuk lebih jelasnya bisa Anda simak di bawah.

  • Masuk ke dalam menu utama windows, lalu tekan windows plus R secara bersamaan
  • Pada menu run tekan perintah msc untuk kemudian masuk sebagai administrator
  • Cara mematikan keyboard laptop selanjutnya enter dengan kemudian cari menu keyboard yang muncul pada pop up lanjutan
  • Pilih pada standar Ps/2 lalu kemudian update driver, kemudian lanjut pada update driver untuk kemudian mengganti pada driver tidak kompatibel (tujuannya agar keyboard internal tidak bekerja seperti seharusnya, sebab tidak ada kecocokan antar keduanya)
  • Untuk melakukannya browsing saja lalu cari merek yang berbeda dengan perangkat kalian, misalkan perangkat samsung maka pilih xiaomi saja
  • Lanjutkan dengan next maka keyboard tidak akan bisa bekerja, untuk bisa mengganti tinggal pasang saja menggunakan pilihan eksternal

3. Mematikan secara permanen

Cara ini dapat dilakukan ketika memang sudah tidak menginginkan keyboard internal, kemungkinan karena bermasalah pada satu tombol atau semua tombol tidak dapat bekerja dengan baik.

Contoh kasus yang banyak buat orang cari cara mematikan keyboard laptop adalah banyak tombol yang memencet sendiri. Dengan tujuan mematikan secara sepenuhnya lalu ganti dengan eksternal butuh cara tersebut.

Hanya saja perlu Kami ingatkan bahwa cara ini akan membuat jika Anda pasangkan perangkat eksternal lainnya, perlu lakukan pengaturan lagi untuk membuat perangkat eksternal tersambung.

Untuk bagaimana caranya sebenarnya sangat rumit, jika Anda tidak memahaminya dengan baik-baik maka kemungkinan besar ke depannya akan rumit. Lalu perihal bagaimana caranya silahkan simak dengan seksama.

  • Masih sama dengan masuk ke jendela run, hanya saja untuk perintah berbeda karena ini terkait dengan restrictions
  • Maka dari itu untuk perintah menggunakan gpedit.msc pada kolom, lalu masuk sebagai administrator
  • Pilih ke dalam computer configuration lalu administrative template
  • Masuk ke dalam system lalu pilih device installation kemudian pilih restrictions, bagi Anda yang bertanya sebenarnya tujuan dasarnya adalah agar tidak ada ijin otomatis untuk semua driver bekerja, baik itu internal atau eksternal, sehingga meski program diulang maka tetap keyboard internal tidak dapat bekerja
  • Kemudian cari tulisan prevent installation of device not described by other policy setting, seperti cara mematikan keyboard laptop yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa tujuannya adalah mencegah driver tidak diijinkan bekerja.
  • Muncul ke jendela pengaturan baru, lalu pilih opsi enabled, klik apply lalu selesai
  • Ketika sudah selesai maka masuk ke device manager (cara secara sementara sebelumnya) hanya saja cara ini kemungkinan akan membuat Anda harus memakai virtual keyboard lebih dahulu

Bagaimana mudah bukan? Cara ini mungkin akan sedikit rumit, tapi jika Anda mau belajar akan bisa sendiri. Tidak perlu membawa ke teknisi karena Anda sudah tahu cara mematikan keyboard laptop sendiri.