Kenali Dahulu Berbagai Jenis Pelanggaran Sepak Bola Berikut

90 views 3:14 am 0 Comments June 21, 2024
Kenali Berbagai Jenis Pelanggaran Sepak Bola Berikut

Rata-rata hampir setiap pertandingan yang berlangsung, ditemukan berbagai jenis pelanggaran sepak bola di mana sering dilakukan pemain. Hal inilah, yang terkadang sering kali mematik sejumlah reaksi dari pemain lain maupun penonton.

Dalam olahraga tersebut, umumnya ada berbagai macam pelanggaran hingga menyebabkan pemain harus diberikan hukuman oleh wasit. Terkait mengenai jenis – jenis dari pelanggaran tersebut, bisa Anda simak di ulasan berikut ini.

Jenis-jenis Pelanggaran Sepak Bola yang Sering Dilakukan Setiap Pemain

terdapat banyak sekali jenis pelanggaran sepak bola yang biasanya sering dilakukan oleh setiap pemain, hingga menyebabkannya mendapatkan hukuman.

Hampir sebagian besar orang, umumnya suka dengan yang namanya olahraga sepak bola. Ini terlihat dari banyaknya orang yang selalu antusias untuk melihat pertandingan tersebut, baik dari dalam maupun luar negeri.

Dalam aksi menonton pertandingan tersebut, biasanya tidak sedikit penonton yang mendapati beberapa jenis pelanggaran dari pemainnya. Beberapa pelanggaran yang sering dilakukan pemain dalam pertandingan tersebut, antara lain :

1. Tackling

Jenis pelanggaran sepak bola pertama, yaitu ada tackling yang sering kali memicu amarah dari pemain lain maupun penonton. Diketahui, tackling merupakan tindakan menekel tim lawan dengan tujuan merebut bola.

Pada dasarnya, tackling sendiri memang diperbolehkan dalam pertandingan olahraga tersebut. Hanya saja, seseorang yang nantinya melakukan tackling harus dilakukan tanpa adanya tindakan kasar dan membahayakan.

Biasanya, tackling akan diberikan hukuman jika dilakukan dari arah belakang dengan posisi kaki terangkat dan membahayakan. Terkait hukuman yang diberikan biasanya berbeda-beda, sesuai dengan tingkat keparahannya.

2. Offside

Pelanggaran sepak bola lainnya di mana sering ditemukan dalam olahraga beranggotakan 11 orang ini, yaitu offside. Walaupun sudah sering kali didengar, namun masih ada sebagian orang yang belum memahaminya.

Istilah offside, umumnya merupakan kondisi di mana satu orang atau lebih berada di belakang pemain terakhir, kemudian menerima umpan. Terkait posisi ini akan jauh lebih berdekatan ke garis gawang musuh.

Bisa dikatakan, jika offside merupakan aturan paling penting di dalam olahraga satu ini. Sebab, kegunaannya dapat meminimalisir terjadinya tim penyerang berdiri di dekat gawang lawan dan menunggu umpan dari timnya.

3. Obstruction

Ketika menonton pertandingan, nantinya Anda juga akan menemukan pelanggaran sepak bola lainnya bernama obstruction. Kondisi ini terjadi, jika ada seseorang menghalangi pemain lain tanpa menyentuh bola.

Dalam kaitannya dengan hal tersebut, biasanya ada beberapa tindakan sering dilakukan setiap pemain. Seperti misalnya dengan menarik, menahan ataupun mendorong pemain musuh saat pertandingan berlangsung.

Ketika didapati kesalahan tersebut, maka biasanya akan diberikan sanksi berupa tendangan bebas tidak langsung ke tim lawan. Adapun tempat melakukan tendangan bebas, yaitu di area obstruction tersebut terjadi.

4. Handball

Mengenai handball ini umumnya tidak hanya diberlakukan oleh penjaga gawang saja, namun juga pemain. Kesalahan ini biasanya sering kali terjadi ketika seseorang menyentuh bola dengan tangan, lengan atau pergelangan tangan.

Untuk penjaga gawang, handball ini akan diberikan sanksi jika tindakannya berada di luar kotak penalti. Apabila pemain melakukannya dalam kotak penalti, maka diberikan tendangan pada area tersebut untuk pihak lawan.

Sedangkan jika dilakukan di luar kotak penalti, maka diberikan tendangan bebas untuk pihak lawan. Dan jika ada pemain menyentuh bola dengan sengaja, biasanya akan mendapatkan kartu kuning bahkan merah.

5. Diving

Pelanggaran sepak bola diving ini, biasanya sering kali membuat pemain lain dan penonton merasa jengkel. Pasalnya, tindakan ini dilakukan ketika ada seseorang yang berpura-pura terjatuh, disakiti tim lawan dan lain-lain.

Kebanyakan kesalahan ini dilakukan, yaitu bertujuan mengecoh wasit agar timnya bisa memperoleh tendangan bebas maupun penalti. Bahkan wasit sudah profesional sering kali terkecoh dengan diving ini.

Sehingga sering memicu protes dan keributan dari para pemain lain, tidak terkecuali suporter bola. Kendati demikian, apabila wasit jeli mengenali tindakan tersebut biasanya akan memberikan kartu kuning bagi pemainnya.

6. Dangerous Play

Dangerous play dikenal sebagai tindakan pelanggaran yang sangat membahayakan bagi pemain musuh. Sebab di dalamnya, biasanya ada beberapa tindakan yang dilakukan seseorang hingga memicu bahaya bagi pemain lain.

Yaitu mulai dari menekel, menendang, memukul dan tindakan-tindakan lainnya yang berpotensi menyebabkan cedera. Biasanya hal ini sering ditemukan ketika ada pemain yang ingin merebut bola, namun justru menerjang kaki lawan.

Jika didapati adanya tindakan dangerous play tersebut, wasit akan memberikan sanksi kepada pemain yang melakukannya. Baik itu dengan memberikan kartu kuning ataupun merah bagi orang yang melanggar.

7. Delay of The Game

Yang terakhir, ada pelanggaran sepak bola delay of the game dan cukup sering ditemukan pada pertandingan tersebut. Seperti namanya, tindakan ini dilakukan ketika seseorang mengulur waktu pada menit tambahan.

Kondisi tersebut, biasanya dilakukan oleh seseorang yang berpura – pura kesakitan untuk membiarkan waktu berjalan. Dengan demikian, maka waktu akan cepat habis dan pertandingan akan segera berakhir.

Tindakan tersebut, umumnya sering kali dilakukan oleh tim yang memang memiliki skor unggul. Sehingga, tim tersebut melakukan delay of the game agar musuh tidak mendapatkan skor di menit-menit terakhir.

Dalam bermain sepak bola, umumnya tidak hanya sekadar mencetak gol saja yang harus diperhatikan pemain. Namun juga memperhatikan berbagai jenis pelanggaran sepak bola, agar terhindar dari sanksi atau hukuman wasit.