Rekomendasi Olahraga di Kasur, Tidak Ada Lagi Alasan Mager

310 views 4:28 am 0 Comments March 2, 2024

Dengan tersedianya opsi olahraga di kasur, maka seharusnya tidak ada lagi alasan mager (malas gerak) atau kelelahan untuk berolahraga. Dengan begitu, Anda masih bisa menjaga kesehatan badan dengan lebih optimal.

Pilihan kegiatan olahraga ini juga cukup banyak serta tidak mengharuskan Anda turun dari kasur atau tempat tidur ketika pagi atau malam hari. Untuk memilih salah satunya, silakan simak beberapa rekomendasi yang telah kami rangkum secara lengkap pada artikel ini.

Rekomendasi Olahraga di Kasur yang Cocok Dilakukan Semua Orang

Beberapa gerakan olahraga di kasur yang bisa Anda lakukan untuk tingkatkan kebugaran tubuh dari tempat tidur opsinya adalah:

  1. Plank

    Dari atas kasur pun Anda sudah bisa melakukan kegiatan plank secara mudah, meskipun memang akan kesulitan bertahan akibat olahraganya yang sangat menantang tubuh. Awalilah plank menggunakan posisi push-up dari tempat tidur Anda, yaitu meletakkan lengan bawah, bukannya memakai telapak tangan sebagai topangan.

    Tujuannya adalah agar aktivitas ini lebih aman dilakukan pada permukaan lembut. Lalu setelah berhasil menopang berat badan pada lengan serta kaki, selaraskanlah siku pada bagian bawah bawah bahu. Kemudian angkat badan agar bisa membentuk garis lurus dari kepala menuju tumit. Kemudian tahanlah posisinya sekitar 20 detik lalu beristirahat selama 30 detik, serta lakukan repitisi atau pengulangan.

  2. Half Bridge

    Untuk melakukan olahraga di kasur kedua ini, silakan berbaring dalam posisi telentang lalu letakkan kaki pada tempat tidur melalui cara menekukkan lutut serta membuka kaki selebar bahu.

    Setelah itu angkatlah tulang ekor Anda, lalu dorong sampai lutut, pinggul, serta bahu terletak pada satu garis. Silakan tahan posisinya 30 detik, turunkan tubuh kemudian lakukan repitisi sekitar tiga lagi sambil terus mengatur pernapasan.

  3. Push Up

    Push sudah terkenal sebagai salah satu olahraga di kasur karena posisinya dan manfaatnya untuk meningkatkan kekuatan inti (core) dan lengan. Untuk melakukannya silakan awali dengan menempatkan lutut, kaki, serta tangan di tempat tidur.

    Kemudian panjangkan tangan seluruhnya ke atas serta memastikan bahwa punggung masih dalam keadaan lurus. Lalu turunkan dada dan balik ke posisi awal. Seperti berbagai olahraga di atas kasur sebelumnya, pastikanlah untuk melakukan repitisi.

  4. Tic Taps

    Latihan ini atau olahraga di kasur harus Anda kerjakan seusai mengerjakan push-up. Ketika masih ada di posisi push-up, ambillah tangan kanan dan menekannya di depan siku kiri.

    Apabila telah terjadi kontak dengan siku, maka cepatlah kembali ke posisi awal dan lakukan pada tangan berlawanan. Setelah itu, teruskanlah untuk melakukan repitisi hingga tic taps dirasa cukup.

  5. Hip Adduction

    Untuk mengawalinya, silakan berada dalam posisi berbaring menyamping dan kaki terentang ke depan. Setelah itu tekuklah menyentuh tempat tidur, sehingga lengan akan menjadi pendukung atau penopang kepala serta lengan lainnya beristirahat di sekitar pinggul. Setelah itu luruskan kedua kaki, di aman satu kaki posisinya lebih rendah daripada kaki yang lain.

    Lanjutkan untuk mengangkat kaki yang lebih rendah secara perlahan dengan posisi tubuh yang masih sama di posisinya, Setelah itu silakan berhenti dan ketika punggung tegang atau pinggul seperti tertarik. Lalu turunkanlah kaki perlahan menuju posisi awal dan berguling ke sisi lain dan ulangi langkah hip adduction tersebut menggunakan kaki lainnya.

  6. Side Plank

    Jika sudah terbiasa dengan olahraga di kasur plank, maka silakan upgrade ke Side plank yang lebih menantang dari gerakan plank biasa sebelumnya. Awalilah dengan berbaring dalam posisi miring, kemudian tahan salah satu sisi badan menggunakan lengan bawah.

    Jika sudah, silakan angkat dan tahan sekitar 8 hitungan. Meskipun dilakukan dari tempat tidur tapi manfaatnya bagus untuk melatih otot tangan sekaligus mengencangkan perut dan otot paha.

  7. Pillow Exercise

    Dengan memanfaatkan bantal atau pillow, Anda juga bisa berolahraga untuk meningkatkan kebugaran di tubuh. Caranya ialah dengan berbaring dalam posisi telentang dan meletakkan bantal di antara kaki.

    Setelah itu, angkatlah kaki sampai memanjang lurus ke atas dengan sudut 90 derajat. Lalu remaslah bantal sekitar sepuluh detik sebelum akhirnya kembali pada posisi awal dan ulangi. Jika ingin mengencangkan otot paha, maka jangan lewatkan untuk melakukan pillow exercise ini.

  8. Table Tops

    Agar bisa melakukan table tops, silakan duduk di tempat tidur dengan kaki diluruskan kedua lengan diistirahatkan di sisi tubuh. Kemudian tekukkan lutut dan posisikan kaki di kasur secara seimbang. Pastikan bahwa kaki dan tangan rata dengan menunjuk ke arah berlawanan satu sama lain.

    Selanjutnya, silakan tekankan kedua kaki dan tangan dengan kuat, lalu luruskan siku dan angkat pinggul menuju langit-langit. Dengan posisi tersebut maka akan terbentuk garis lurus di antara batang tubuh dan paha, yang akan terlihat seperti sebuah meja. Tahanlah posisi ini selama beberapa saat dan tekan paha atas, lalu lakukan repitisi.

Setelah tahu apa saja berbagai olahraga di kasur, silahkan pilih satu atau beberapa yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.