Tips Membeli Tablet Agar Tidak Tertipu Promo

296 views 5:38 am 0 Comments January 7, 2024

Tips membeli tablet akan membantu Anda untuk mendapatkan gadget yang sesuai dengan keperluan. Meskipun kehadirannya tidak melebihi popularitas smartphone, perangkat ini tetap punya banyak penggemar.

Sebagian orang memilih perangkat ini karena terasa lebih nyaman dipakai dalam bekerja mengingat ukuran layarnya jauh lebih besar daripada smartphone. Apabila Anda juga tertarik untuk membelinya, ikuti tips dalam artikel ini.

Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Membeli Tablet

Mirip dengan smartphone, tablet dapat digunakan untuk keperluan komunikasi dan hiburan. Kemudian juga mirip dengan laptop yang bisa dipakai untuk bekerja atau mengerjakan tugas. Ketika hendak membeli perangkat ini, ikuti tips berikut.

  1. Memilih Ukuran dan Resolusi Layar

    Tips membeli tablet yang pertama ialah menentukan ukuran dan resolusi layar sesuai keperluan. Ada banyak pilihan variasi ukuran layarnya mulai dari 7, 8, 9 hingga 10 inci. Gadget yang mempunyai ukuran layar kecil terbilang lebih mudah dibawa bepergian.

    Sementara untuk yang ukuran layarnya besar membuat tampilan teks atau gambar tampak lebih jelas. Jadi, silahkan tentukan ukuran dan resolusi layar sesuai keperluan. Jika sebagian besar aktivitas hanya mengetik tugas kantor dan perlu membawa perangkatnya kemana saja, maka solusinya adalah ukuran layar kecil.

    Sementara jika menggunakan perangkat untuk membuat desain yang memerlukan detail atau ketelitian tinggi, maka ukuran layar besar lebih disarankan. Layar lebar juga terasa lebih nyaman ketika digunakan untuk membuat desain dalam waktu lama. Selain ukuran layar, pertimbangkan juga resolusi layarnya. Semakin tinggi resolusi semakin tinggi juga kejernihan dan ketajaman gambar.

  2. Performa

    Tips membeli tablet berikutnya ialah mempertimbangkan performa. Anda dapat mengukur performa berdasarkan prosesor yang tersemat pada perangkatnya.
    Semakin tinggi kecepatan prosesor maka semakin lancar juga aktivitas yang bisa dilakukan pada perangkatnya. Sesuaikan keperluan performa ini dengan aplikasi yang akan digunakan.

    Misalnya jika hanya menggunakan aplikasi mengetik dokumen, maka tidak harus memilih performa tinggi. Sementara jika menggunakan aplikasi yang terbilang berat seperti game. Maka pilih yang performanya tinggi agar tidak terjadi macet di tengah aktivitas.

  3. Kapasitas Penyimpanan

    Tips membeli tablet yang tidak kalah penting ialah menentukan kapasitas penyimpanan. Pastikan kapasitas penyimpanannya cukup untuk keperluan Anda.
    Apabila hanya menggunakan gadget untuk keperluan ringan seperti browsing, email maupun game sederhana maka tidak membutuhkan kapasitas penyimpanan besar.

    Sementara jika menggunakannya untuk menyimpan foto atau film dalam jumlah banyak maka pastikan tersedia ruang penyimpanan besar juga. Saat ini sudah banyak tablet yang mempunyai slot untuk penyimpanan eksternal seperti micro SD.

    Anda juga bisa menambahkan penyimpanan eksternal apabila penyimpanan internal masih terasa kurang luas. Ruang penyimpanan yang besar tidak hanya bermanfaat untuk menampung file. Akan tetapi juga mempengaruhi performa perangkat. Jika ruang penyimpanannya terlalu kecil dan file terlalu banyak maka performa perangkatnya akan terganggu.

  4. Kapasitas Baterai

    Pastikan menerapkan tips membeli tablet berupa mempertimbangkan kapasitas baterai terutama jika perlu menggunakan perangkatnya dalam waktu lama. Jika memerlukannya untuk seharian penuh, maka pastikan kapasitas baterainya besar.

    Memilih kapasitas baterai besar juga akan terasa nyaman karena Anda tidak perlu mengisi dayanya berkali-kali. Mirip dengan kapasitas baterai besar pada smartphone yang membuat smartphone bisa dipakai dalam waktu lama.

  5. Harga

    Terkait harga ini tidak harus memilih harga paling mahal atau paling murah. Sesuaikan saja dengan fiturnya apakah sesuai dengan keperluan atau tidak.
    Jika harganya cukup mahal namun fiturnya lengkap dan tidak ada merk lain yang fiturnya serupa dengan harga murah maka pertimbangkan baik-baik ketika hendak membelinya.

    Jika harganya memang sepadan dengan manfaat yang akan didapatkan, bukankah lebih baik untuk membelinya? Akan tetapi jika terasa terlalu mahal bisa mencari alternatif lain.

  6. Ada Aksesori Penunjang

    Akan lebih baik jika memilih tablet yang mempunyai aksesoris penunjang seperti stylus pen atau keyboard. Ketika bisa disambungkan dengan keyboard, Anda bisa menggunakannya untuk mengetik secara nyaman. Sementara ketika ada aksesoris stylus pen, Anda bisa menggunakannya untuk menulis, menggambar atau membuat desain secara nyaman.

    Tips membeli tablet ini jangan sampai dilewatkan. Selain itu, pastikan juga tersedia fitur sambungan antarperangkat. Jadi, Anda bisa menggunakan kabel untuk menghubungkan tablet dengan perangkat lain seperti smartphone.

  7. Konektivitas

    Ada beberapa pilihan konektivitas pada tablet, yakni 3G/4G/5G dan WiFi. Untuk konektivitas WiFi mempunyai harga lebih rendah daripada konektivitas 3G/4G/5G.

    Perkara apakah harus memilih konektivitas 3G/4G/5G dan WiFi, sesuaikan saja dengan keperluan. Apabila hanya menggunakannya di rumah dan disambungkan dengan WiFi, maka bisa memilih konektivitas WiFi.

    Sementara jika sering bepergian, maka pilih konektivitas 3G/4G/5G yang bisa memberikan koneksi internet. Jadi tidak perlu mengandalkan WiFi ketika ingin menggunakan perangkatnya di luar rumah.

Bukan hanya smartphone, tablet juga bisa dimanfaatkan untuk aktivitas seperti belajar atau bekerja. Akan tetapi, terapkan tips membeli tablet dalam artikel ini sebelum membelinya agar tidak tertipu promo yang sedang berlangsung.