Cara Modifikasi Mobil Agar Irit Bahan Bakar dan Tambah Kuat

344 views 5:45 am 0 Comments December 27, 2023

Melakukan cara modifikasi mobil memiliki berbagai tujuan berbeda sesuai keinginan penggunanya. Mungkin yang paling populer yakni untuk mengubah dari segi tampilan. Tapi Anda bisa memodifikasi untuk membuatnya irit bahan bakar.

Hal ini bagus dilakukan jika ingin mengurangi pengeluaran supaya lebih hemat. Sebenarnya cara ini juga membantu performa kendaraan meningkat lebih maksimal. Tidak heran banyak dilakukan pemilik mobil karena banyak manfaat.

Cara Modifikasi Mobil Supaya Irit BBM dalam Jangka Panjang

Saat melakukan proses modifikasi dengan maksud mengirit BBM, tidak bisa secara sembarangan. Terlebih jika menyebabkan pengeluaran lebih banyak. Supaya proses modif hingga hasil akhirnya hemat, harus melakukan beberapa cara seperti:

  1. Ganti Velg yang Lebih Ringan

    Untuk cara modifikasi mobil, pertama supaya mesin irit bahan bakar adalah ganti velg yang ringan. Hal ini penting karena BBM tidak terbebani pembakarannya terlalu banyak. Apalagi bobot mempengaruhi kebutuhan BBM. Jika ingin mengurangi konsumsinya, tentu tidak boleh terlalu banyak bobot kendaraan.

    Anda bahkan dapat membandingkan antara berkendara sendiri dengan bersama orang lain. Terbukti kalau berkendara sendiri jauh lebih hemat. Dalam pergantian velg, tetap harus memastikan kekuatannya baik. Umumnya dapat memilih yang ukurannya lebih kecil supaya bobotnya bisa dikurangi maksimal. Tentu tidak mengurangi kenyamanan mobil melainkan seringkali tambah keren.

  2. Open Filter

    Memilih open filter adalah kunci utama mengubah mobil dari boros menjadi hemat. Sebenarnya dilakukan dengan mengubah filter tertutup supaya berubah lebih terbuka. Hal ini membantu aliran udara sekitarnya lancar. Pastinya cara modifikasi mobil satu ini banyak yang mempertanyakan hasilnya.

    Terutama karena tidak sedikit yang percaya menyebabkan kendaraan lebih boros. Tapi faktanya berbeda karena bisa memaksimalkan momentum dalam perjalanan. Artinya saat memiliki kecepatan tinggi, hanya perlu menginjak pedal gas sedikit saja. Teknik tersebut berguna menghemat penggunaan BBM kendaraan. Untuk perjalanan jauh menggunakan kecepatan lebih dari 60km/jam lebih terasa.

  3. Mencoba Porting Polish

    Pemilik mobil yang mencoba porting polish bisa ditambah tune up maupun gurah. Tentu manfaatnya baik jika tidak ingin menimbulkan keborosan pada kendaraan. Terlebih jika sering menggunakan mobil dalam kegiatan sehari-hari. Cara modifikasi mobil ini penting karena dapat membuat permukaan dalam mesin halus. Belum lagi membantu untuk membersihkan kerak mengganggu. Anda juga akan melakukan suatu settingan sistem pengapian yang lebih maksimal.

    Sebenarnya melakukan berbagai cara ini penting untuk membantu peningkatan performa. Apabila performa telah meningkat dari sebelumnya, konsumsi BBM tidak lagi boros. Bahkan Anda akan menemukan bukti pemakaian yang lebih hemat.

  4. Lakukan Remap ECU

    Melakukan remap ECU terbilang langkah penting karena terdapat pembatasan performa mesin. Pabrikan mobil sering melakukannya supaya kendaraan lebih aman. Bahkan bermaksud meningkatkan durabilitas di mana maksudnya baik.
    Meski begitu untuk cara modifikasi mobil, tidak perlu Anda pertahankan. Tapi Anda bisa melakukan pengubahan pengaturan pabrik supaya performanya lebih meningkat.

    Tentu potensinya untuk mengirit bahan bakar juga dapat tercipta. Karena tenaga akan meningkat, kemudian membuat momentum kecepatan membaik. Bahan bakar yang Anda gunakan juga kemudian terasa lebih efisien penggunaannya. Hal ini terasa jika menggunakan mobil untuk perjalanan jauh.

  5. Ubah Sistem Knalpot

    Mengubah sistem knalpot dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan performa kendaraan. Melakukan modifikasi pada sistem knalpot dapat dimulai dari downpipe. Bagian tersebut merupakan saluran gas buang antara silinder mesin.

    Tentu bagian ini menyatu dan letaknya sebelum diteruskan pada satu pipa. Saat ingin mengubah knalpot, pastikan tidak melakukannya dengan sembarangan. Melainkan harus memperhatikan settingan tepat pada masing-masing tipe mobil.

  6. Tune Up Kendaraan

    Cara modifikasi mobil dengan tentu tune up kendaraan cukup disarankan. Anda dapat memilih TUSS atau Tune Up Semi Sport. Metode yang digunakan di klaim bisa menambah tenaga sekaligus mengirit BBM. Belum lagi metode satu ini berguna dalam efisiensi pembakaran semua jenis mesin.

    TUSS sendiri dampaknya dapat mengoptimalkan mesin sehingga efisiensi pembakaran berjalan. Tapi dapat dilakukan natural sehingga lebih aman. TUSS dianggap langkah yang memanfaatkan celah pada banyak tipe mobil. Apalagi jika tidak memiliki tenaga dan pembakaran maksimal. Modifikasi dengan TUSS dapat membantu karena irit dan emisi gas buangnya tepat.

  7. Pakai Ban ECO

    Memilih pakai ban eco termasuk cara modifikasi mobil yang dipastikan berhasil mengirit BBM. Apalagi memiliki kemampuan untuk menurunkan konsumsi bahan bakar secara maksimal. Sistem kerjanya sendiri memaksimalkan gaya gelinding. Artinya mobil dapat memaksimalkan momentum yang diciptakan selama berkendara.

    Anda tidak terus menerus mengandalkan gas dan mesin untuk berjalan. Melainkan bisa memanfaatkan momentum tersebut sehingga menghemat BBM akan hadir.

  8. Lepas Jok Mobil Tidak Terpakai

    Terakhir, Anda disarankan untuk melepas jok mobil tidak terpakai pada kendaraan. Hal ini khusus digunakan jika kendaraan memiliki 3 baris sekaligus. Walaupun banyak, tapi kemungkinan tidak setiap jok tersebut dimanfaatkan. Supaya tidak mengganggu performa, tidak disarankan untuk memasangnya terus. Melainkan apabila ingin meringankan kendaraan dapat mencopotnya saja.

    Apalagi punya dampak khusus terhadap bobot yang nantinya terasa lebih ringan. Setiap langkah atau cara tersebut berguna untuk meningkatkan performa kendaraan. Tentu pengaruhnya saat menghemat bahan bakar juga terasa baik. Tapi pertimbangkan merencanakan cara modifikasi mobil dengan baik supaya berhasil.